Senin, 01 April 2013

Tugas Portofolio 3


Abstrak
Membaca Ekstensif dan Membaca Intensif
Ahfi Hikmawati, A 310120002. Makalah. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2013, 10 halaman.

Pada dasarnya keterampilan dalam berbahasa meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata atau bahasa tulis. Membaca juga dapat diartikan sebagai suatu metode yang kita pergunakan untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri dan kadang-kadang dengan orang lain. Ketika membaca kita membuat bunyi dalam kerongkongan kita, kita akan berbicara lebih cepat kalau kita tahu bagaimana cara mengatakan serta mengelompokkan bunyi-bunyi tersebut. Oleh karena itu guru mempunyai peranan penting untuk membantu serta membimbing para pelajar untuk mengembangkan serta meningkatan keterampilan-keterampilan yang mereka butuhkan dalam membaca. Dilihat dari sudut cakupan bahan bacaan yang dibaca membaca, dapat kita golongkan kedalam dua jenis, yakni membaca ekstensif (extensive reading) dan membaca intensif (intesive reading). Dalam Dictionary of Reading (1983:112) disebutkan membaca ekstensif merupakan program membaca yang dilakukan secara luas. Menurut Broughton (1978) sebagaimana dikutip oleh H.G. Tarigan (1979:31) membaca ekstensif meliputi tiga jenis membaca, yakni membaca survey (survey reading), membaca sekilas (skimming), membaca dangkal (superficial reading). Sedangkan membaca intensif merupakan studi seksama, telaah teliti. Membaca intensif meliputi dua jenis, yakni membaca telaah isi dan telaah bahasa. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengertian, macam, dan manfaat dari kegiatan membaca itu sendiri. Serta mampu memahami dan menerapkan ketika dalam kegiatan membaca. Metode yang digunakan adalah dengan diskriptif kualitatif.  Hasil dari membaca ekstensif dan intensif bisa diukur dengan kecepatan membacanya.

Kata Kunci: extensive reading, intesive reading, survey reading, skimming, superficial reading, membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar